57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Review Film The Unholy (2021)

Kali ini gua akan review film The Unholy (2021). Sebuah film horor yang akan memperdebatkan kepercayaan orang terhadap sosok ilahi. Apakah sosok ilahi tersebut Tuhan? Atau malah Setan?

DISCLAIMER!

Review berikut adalah opini personal penulis. Pembaca diminta untuk jangan terlalu diambil hati karena ini adalah ditulis sesuai selera penulis. Mengutip lupa dari siapa:

Review atau ulasan adalah karya dalam bentuk tulisan atau lainnya yang berisi informasi, baik fakta maupun opini, dari yang membuatnya. Review merupakan karya subjektif, yaitu berisi informasi, baik fakta atau opini, milik pembuatnya, yang dibuat secara objektif, yaitu tanpa pengaruh pihak luar.

Deskripsi dan Sinopsis Film The Unholy (2021)

Seorang gadis tuli dan bisu yang didatangi oleh Bunda Maria secara iba-tiba mampu mendengar, berbicara, dan menyembuhkan yang sakit. Disaat orang-orang berkumpul untuk menyaksikan mukjizat olehnya, kejadian mengerikan terungkap. Apakah itu semua merupakan berkah Bunda Maria atau sesuatu yang sangat mengerikan?

Plot dan Alur Cerita Film The Unholy (2021)

(Nggak tau spoiler atau nggak, tapi sebagian ada di trailer dan sebagian nggak)

Seorang wartawan bernama Gerry Fenn─diperankan oleh Jeffrey Morgan (gara-gara lu, Glenn modar, bangke...)─dipaksa untuk meliput sebuah berita tentang kejadian yang diduga ada hubungannya dengan sekte pemujaan di mana ada hewan ternak yang disayat dengan simbol tertentu.

Fenn pun pergi menyelidiki informasi tersebut. Sayangnya, informasi tersebut hoax, hanya ulah anak-anak nakal, prank. Dikarenakan Fenn harus menyediakan berita agar mendapat bayaran, dia pun kemudian memalsukan berita, merekayasa penemuan sebuah boneka keramik di sebuah pohon dan dibuat seolah-olah ada hal mistis yang punya hubungan dengan sekte pemujaan.

Dari pohon dan boneka keramik yang seharusnya merupakan rekayasa Fenn untuk memperoleh berita, seorang gadis tuli dan bisu bernama Alice─diperankan oleh Cricket Brown─membuat heboh kota kecil tersebut dengan kemunculannya yang tiba-tiba bisa mendengar dan berbicara, sembuh seakan-akan tidak pernah mengalami cacat fisik.

Tidak hanya itu, Alice kemudian entah bagaimana mempertunjukkan berbagai keajaiban di mana dia mengobati dan menyembuhkan orang-orang di sana. Fenn pun tertarik untuk meliput berita tersebut dan masih berpikir kalau itu hanya tipuan, tetapi perlahan-lahan hal gelap pun muncul ke permukaan.

Baca juga: Review Film Ghost Lab (2021)

Review dan Ulasan Film The Unholy (2021)

Yang nonton trailernya pasti sangat tertarik buat nonton The Unholy (2021), termasuk gua. Apalagi dengan banyaknya iklan yang mempromosikan The Unholy (2021) di sosial media. Tapi, sayang banget, The Unholy (2021) memang menjanjikan hanya aja sebagian besar aspek di filmnya serba nanggung.

Mau bikin penonton penasaran dengan sosok Alice, kemampuan Alice, asal kemampuan Alice, sosok misterius yang memberikan bisikan ke Alice tapi semua kebongkar gitu aja, lancar jaya tanpa kendala apa pun.

Si Pastor yang sedang merokok diam-diam di rubanah (kalo nggak tau apa, basement tuh) entah gimana nemu buku yang menjelaskan semuanya termasuk sosok yang membisiki Alice dan memberikan Alice kemampuan. Semudah itu nggak perlu usaha khusus, beruntung dan kebetulan aja gitu.

Ada usaha untuk memberikan bumbu drama dan romantis dengan membuat Fenn dekat dengan seorang wanita tapi momen itu sekilas aja.

Antagonisnya yaitu sosok yang membisiki Alice untuk melakukan ini itu di awal cerita dibuat seolah-olah sangat kuat dan sulit disingkirkan bahkan oleh pastur berlisensi dari Vatican sekali pun, ehhh dia kalah gitu aja.

Selain itu, sosok ini juga mencoba menghantui Fenn tapi bingung motifnya apa, Fenn sendiri cuma meliput berita sepanjang film hingga di ending baru melakukan sesuatu setelah beberapa fakta terkuat. Alasan dihantui dan ditakut-takuti di awal-awal jadinya nggak jelas untuk apa.

Beberapa adegan juga berkesan terlalu didramatisir, lebay. Dan endingnya selesai semudah itu, nggak berasa ada usaha agar penonton dapet klimaksnya. Gua waktu selesai nonton terutama setelah adegan ending berpikir, "Ahh, gitu doang... kurang greget banget. Dan kok sosoknya kalah dengan gitu aja, nggak ada usaha lebih gitu?"

Ya... gitulah... banyak bagian yang nanggung dan plotnya berkesan digampangkan, seakan-akan nggak ada usaha agar filmnya berasa lebih misteri, horor, teror, ngeri dll. Rating film The Unholy (2021):

6.0
Setan yang ngaku utusan Tuhan

Jangan lupa nonton agar kalian tetap waras dan terhibur (jangan dengerin bisikan-bisikan di sekitar cuy). Sampai jumpa...

Baca juga: Review Film Awake (2021)

Posting Komentar

Posting Komentar