57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Rangkuman Materi Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 K13R18

Rangkuman Materi Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 K13R18

Ini adalah rangkuman materi belajar untuk anak kelas 6 SD. Rangkuman ini berisi ringkasan tentang materi pada buku tematik kelas 6, yaitu tema 1 bagian subtema 3 kurikulum 2013 revisi 2018. Silahkan dibaca atau boleh juga dicatat ya.

Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan

Bahasa Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan beragam jenis hewan dan tumbuhan. Setiap pulau di Indonesia memiliki hewan yang unik dan menjadi ciri khas pulau tersebut. Komodo di Kepulauan Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu contoh hewan langka yang dilindungi oleh dunia internasional. Pulau Komodo secara resmi diakui sebagai salah satu dari keajaiban dunia. Pulau ini menjadi sebuah Taman Nasional yang dikagumi oleh masyarakat dunia.

Berdasarkan teks di atas, kita dapat menentukan hal berikut ini:

  1. Kalimat utama: Indonesia merupakan negara kepulauan yang akaya akan beragam jenis hewan dan tumbuhan
  2. Ide pokok: Indonesia merupakan negara yang kaya akan hewan dan tumbuhan
  3. Kesimpulan: Indonesia merupakan negara yang kaya akan hewan dan tumbuhan, salah satunya adalah komodo yang dilindungi di Taman Nasional

IPA

Perkembanganbiakan generatif, yaitu perkembangbiakan tumbuhan melalui perkawinan sel jantan (benang sari) dan sel kelamin betina (kepala putik). Di sisi lain, perkembangbiakan vegetatif, yaitu perkembangbiakan tumbuhan tanpa perkawinan. Perkembanganbiakan vegetatif buatan dibedakan menjadi dua, yaitu perkembangbiakan vegetatif alami dan perkembangbiakan vegetatif buatan.

Cara-cara perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif buatan, yaitu:

  1. Cangkok
  2. Setek batang
  3. Menyambung (kopulasi)
  4. Menempel (okulasi)

Cara-cara perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif alami, yaitu:

  1. Akar tinggal, contohnya kunyit, jahe, dan kencur
  2. Umbi lapis, contohnya bawang merah, bawang bombai, dan bawang putih
  3. Umbi batang, contohnya singkong
  4. Umbi akar, contohnya wortel dan bit

IPS

Kawasan Asia Tenggara merupakan wilayah yang luas perairannya lebih besar dibandingkan dengan luas daratan. Keputusan-keputusan terkait permasalahan kelautan banyak dibahas oleh sebagian besar negara-negara ASEAN.

Negara-negara di kawasan Asia Tenggara mempunyai sistem pemerintahan yang berbeda-beda., tetapi pada dasarnya semua berbentuk republik, kecuali Thailand, Kamboja, Laos, Malaysia, dan Brunei Darussalam yaang berbentuk kerajaan.

Sebagian besar mata pencaharian penduduk di Asia Tenggara adalah bercocok tanam. Oleh sebab itu, kerja sama di bidang produksi hasil pertanian dan perkebunan dibahas bersama di Bali tahun 2003.

Brunei Darussalam adalah negara kecil yang terletak di bagian utara Pulau Kalimantan. Brunei Darussalam berhasil memperoleh kemerdekaannya pada tahun 1984, setelah hampir satu abad berada di bawah kekuasaan Inggris. Saat ini, Brunei Darussalam merupakan negara yang pendapatan per kapitanya tertinggi di kawasan Asia Tenggara. Sistem pemerintahan Brunei Darussalam adalah kesultanan Islam, yang dipimpin oleh seorang sultan.

Luas wilayah Kamboja tidak besar. Wilayah Angkor merupakan pusat pemerintahan Khmer. Kekaisaran ini menguasai sebagian besar daratan utama Asia Tenggara di abad ke-9 sampai dengan abad ke-23. Bangunan peninggalan kekaisaran Khmer yang sangat terkenal adalah Candi Angkor yang juga dijadikan lambang di bendera negara Kamboja.

Indonesia merupakan negara dengan luas wilayah terbesar di Asia Tenggara. Negara ini memiliki kurang lebih 17.000 pulau. Fakta geografis ini membuat warga Indonesia terdiri atas berbagai suku, agama, dan budaya. Ada ratusan suku, serta ratusan dialek di seluruh wilayah Indonesia. Pancasila merupakan dasar negara yang ditetapkan oleh para pendiri bangsa Indonesia. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila diambil dari tradisi-tradisi serta nilai-nilai bangsa. Nilai-nilai ini dianggap mampu menjadi landasan perilaku bangsa yang beragam latar belakang etnis dan budayanya.

Nenek moyang penduduk Laos berasal dari Cina Selatan. Pada tahun 1353, penduduk Laos dipimpin oleh Fa Ngoun yang menyebut wilayah yang dipimpinnya sebagai Kerajaan Sejuta Gajah. Kerajaan besar ini bertahan hingga tahun 1700-an sampai akhirnya terpecah belah. Sekitar tahun 1800, sebagian besar wilayah Laos dikuasai oleh Siam kemudian Prancis mengambil aliih dan memerintah di sana tahun 1893. Pada tahun 1893, Prancis mengambil alih kekuasaan. Pada tahun 1954, Perjanjian Geneva menetapkan Laos sebagai sebuah negara yang bebas dan netral. Perang saudara masih berkecamuk antara pasukan yang setia kepada pemerintah melawan gerilyawan komunis Pathet Lao.

Tahun 1400-an wilayah di Selat Malaka mulai dikenal sebagai pusat perdagangan. Sejak saat itu, wilayah tersebut menjadi daerah yang diperebutkan. Tahun 1511, Portugis berhasil menguasai Malaka. Tahun 1641, Belanda mengambil alih. Lalu, tahun 1786 Belanda masuk ke Malaka dan menguasai Pulau Penang. Tahun 1824, Belanda menyerahkan Malaka ke Inggris. Pada masa Perang Dunia II, Jepang sempat menduduki Malaka, tetapi kemudian Inggris berhasil menguasai kembali Semenanjung Malaya tahun 1945. Tiga tahun kemudian, Inggris membentuk Federasi Malaya. Di tahun 1967, Federasi Malaya berhasil mendapatkan kemerdekaannya. Inggris juga mengerahkan Penang dan Malaka. Saat ini, kita mengenal negara ini dengan nama Malaysia.

Tahun 1948, Myanmar menjadi negara merdeka yang menganut sistem demokrasi parlementer. Perdana menteri pertama bernama U Nu. Tahun 1958, pihak militer yang dipimpin oleh Jenderal U Ne Win menjatuhkan U Nu. Mereka menganut sistem satu partai politik dan meninggalkan sistem demokrasi parlementer.

Nama Filipina berasal dari Philip II, Raja Spanyol di abad 16 saat Filipina dikuasai oleh Spanyol. Pada tahun 1896, Spanyol menyerahkan kekuasaan atas Filipina ke Amerika Serikat setelah Perang Spanyol-Amerika. Di tahun 1935, Filipina sudah memiliki pemerintahan sendiri, tetapi kemerdekaan mereka tertunda oleh Perang Dunia II dan serangan dari tentara Jepang hingga kahirnya tentara Amerika Serikat berhasil membebaskan Filipina pada tahun 1944-1945. Negara Republik Filipina diproklamasikan pada tanggal 4 Juli 1946 yang dikenal sebagai Hari Republik.

Singapura adalah wilayah terkecil di wilayah Asia Tenggara. Jumlah penduduknya paling sedikit. Namun, Singapura dapat menjadi negara yang paling maju. Hal ini tidak lepas dari peran Le Kuan Yew, pendiri dan perdana menteri pertama Singapura. Ia memegang jabatan perdana menteri selama tujuh periode berturut-turut.

Thailand adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah. Dahulu dikenal sebagai Siam. Thailand sendiri memiliki arti "Tanah Kebebasan". Sejak 1932, Thailand menganut sistem monarki konstitusional yang dipimpin oleh seorang raja.

Vietnam merupakan negara sosialis yang dipimpin oleh Partai Komunis Vietnam. Presiden merupakan kepala negara yang sekaligus menjadi pimpinan militer. Perdana menteri dipilih untuk menjalankan pemerintahan.

Matematika

Memahami operasi hitungan campuran pada soal dalam bentuk cerita. Berikut contohnya:

Sebagai pengusaha kerajinan cangkang telur, Pak Seno rajin membeli cangkang telur dari penduduk. Hari ini ia membeli dua karung besar seharga Rp250.000 setiap karungnya dan satu karung ukuran sedang seharga Rp150.000 setiap karungnya. Berapa uang kembalian yang diterima Pak Seno apabila membayar dengan uang sebesar Rp700.000?

Jawab:

Pak Seno membeli 2 karung besar cangkang telur seharga Rp250.000 tiap karung = 2 x Rp250.000 = Rp500.000

Pak Seno juga membeli 1 karung sedang cangkang telur seharga Rp150.000 tiap karung = 1 x Rp150.000 = Rp150.000

Total pembelian cangkang telur Pak Seno adalah Rp500.000 + Rp150.000 = Rp650.000

Uang kembalian Pak Seno adalah Rp700.000 - Rp650.000 = Rp50.000

PPKn

Contoh pengamalan sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sebagai berikut:

  1. Sila pertama: menghormati teman yang sedang beribadah
  2. Sila kedua: membantu teman yang terkena musibah
  3. Sila ketiga: hidup rukun dan kompak dengan teman
  4. Sila keempat: tidak memaksakan kehendak kepada teman
  5. Sila kelima: bangga barang/produk buatan dalam negeri

SBdP

Langkah-langkah membuat motif dan mewarnai karya seni patung:

Bahan

  1. Cat akrilik atau cat minyak berbagai warna
  2. Koran atau kertas bekas untuk alas bekerja
  3. Alat untuk mencampur warna
  4. Patung yang telah dibuat

Alat

  1. Kuas
  2. Palet atau wadah untuk mencampur cat

Cara

  1. Campurkan warna cat yang diinginkan dengan air secukupnya
  2. Aduk dalam palet atau wadah cat
  3. Warnai patung sesuai selera
  4. Keringkan cat dengan cara diangin-anginkan atau dijemur

PJOK

Rounders adalah permainan olahraga yang memiliki peraturan hampir sama dengan permainan kasti. Rounders memiliki teknik permainan yang sama dengan kasti, yaitu melempar, menangkap, dan memukul bola. Perbedaan rounders dengan kasti adalah pada bentuk lapangannya.

Lapangan rounders berbentuk segi lima sama sisi. Masing-masing sisi panjangnya 15 meter, ditandai dengan 5 tempat hinggap yang disebut base. Setiap lapangan terdapat 5 base, yaitu base 1 hingga 5.

Posting Komentar

Posting Komentar