57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Soal Sumatif Akhir Semester 2 Kelas 7 Informatika Kurmer v1

Soal Sumatif Akhir Semester 2 Kelas 7 Informatika Kurmer v1

Kita udah di penghujung semester nih. Waktu untuk ujian kenaikan kelas. Gua udah buat soal untuk kalian belajar dalam rangka menghadapi sumatif akhir semester. Silahkan dikerjakan ya!

Soal Sumatif Akhir Semester 2 Kelas 7 Informatika Kurmer v1

1. Apa pengertian dari data?





2. Data yang dapat digambarkan dengan kata-kata seperti warna mata atau jenis kelamin disebut data ...





3. Satuan ukuran data yang benar adalah ...





4. Fungsi SUMIF dalam Microsoft Excel digunakan untuk ...





5. Fungsi yang digunakan untuk mengambil data dari sel lain dalam worksheet disebut ...





6. Jika kalian ingin menghitung jumlah kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan untuk menyimpan data harian sebesar 500 Kbytes selama 1 bulan, berapa kapasitas minimal flashdisk yang diperlukan?





7. Untuk menampilkan hanya data yang memenuhi kriteria tertentu dalam sebuah tabel di Excel, fitur apa yang harus digunakan?





8. Apa tujuan dari proses interpretasi data?





9. Mengapa penting untuk memastikan bahwa data yang dianalisis relevan dengan pertanyaan yang diajukan?





10. Bagaimana interpretasi data tentang kapasitas memori komputer yang selalu naik seiring waktu?





11. Apa yang dimaksud dengan algoritma?





12. Mengapa belajar programming itu penting?





13. Apa yang dimaksud dengan pemrograman visual?





14. Scratch dibuat oleh siapa?





15. Apa keuntungan menggunakan pemrograman berbasis blok seperti Scratch?





16. Bagaimana cara menambahkan sprite baru di Scratch?





17. Seorang siswa ingin membuat sprite bergerak terus menerus dalam lingkaran. Kode mana yang sebaiknya digunakan?





18. Jika seorang siswa ingin memainkan suara saat sprite bergerak, kode mana yang harus digunakan?





19. Apa fungsi dari kode 'wait' dalam pemrograman Scratch?





20. Mengapa keterampilan pemrograman dianggap penting dalam dunia kerja saat ini dan masa depan?





21. Apa yang dimaksud dengan Teknologi Informasi (TI)?





22. Siapa yang pertama kali mengenalkan istilah Teknologi Informasi dalam pengertian modern?





23. Bagaimana perkembangan TIK mempengaruhi cara manusia bekerja?





24. Apa saja perangkat yang bisa dikendalikan dengan smartphone melalui Internet of Things (IoT)?





25. Manakah dari berikut ini yang merupakan contoh penggunaan TIK dalam bidang kesehatan?





26. Jika seorang siswa menggunakan Google Docs untuk berkolaborasi dalam proyek kelompok, alat kolaborasi apa yang sedang mereka gunakan?





27. Seorang pengusaha menggunakan e-commerce untuk menjual produk. Platform apa yang mungkin digunakan?





28. Saat pandemi Covid-19, banyak sekolah yang menerapkan e-learning. Apa yang termasuk dalam kegiatan e-learning?





29. Bagaimana dampak negatif dari media sosial dapat diatasi dalam konteks remaja?





30. Apa dampak utama dari penggunaan e-payment dalam kehidupan sehari-hari?





31. Apa yang dimaksud dengan artefak komputasional?





32. Siapa pencipta Makey Makey?





33. Apa fungsi utama dari Makey Makey?





34. Makey Makey dihubungkan ke komputer melalui apa?





35. Apa yang terjadi saat pengguna menyentuh benda konduktif yang terhubung ke input Makey Makey?





36. Alat apa yang digunakan untuk membuat proyek Scratch yang dapat berinteraksi dengan Makey Makey?





37. Mengapa Makey Makey dapat digunakan untuk membuat perangkat input yang lebih mudah diakses bagi orang dengan keterbatasan fisik?





38. Jika sebuah buah dihubungkan ke input "W" pada Makey Makey dan di Scratch ada skrip "when [W key pressed] play note [60] for 0.5 beats", apa yang terjadi saat buah tersebut disentuh?





39. Bagaimana Anda dapat memanfaatkan Makey Makey dalam proyek kolaboratif menggunakan Google Drive dan Google Docs?





40. Bagaimana prinsip dasar konduktivitas diterapkan saat menggunakan Makey Makey dengan media air sebagai synthesizer?





Kunci Jawaban Soal Sumatif Akhir Semester 2 Kelas 7 Informatika Kurmer v1
  1. suatu bentuk representasi visual dari informasi
  2. kualitatif
  3. 1 megabyte = 1,048,576 bytes
  4. menjumlahkan nilai berdasarkan kondisi tertentu
  5. cell references
  6. 15 Gbytes
  7. filter
  8. menemukan makna dalam data untuk pengambilan keputusan
  9. untuk menghasilkan kesimpulan yang akurat dan berguna
  10. kebutuhan akan kapasitas penyimpanan terus meningkat seiring perkembangan teknologi
  11. urutan langkah-langkah yang dirancang untuk menyelesaikan tugas tertentu
  12. mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreativitas
  13. membuat program dengan menyusun elemen visual grafis
  14. MIT Media Lab
  15. memudahkan pemahaman konsep pemrograman melalui visualisasi blok grafis
  16. klik "Choose a Sprite" di menu utama
  17. forever { move 10 steps; turn 15 degrees; }
  18. play sound [meow] until done
  19. memberikan jeda waktu antar langkah dalam gerakan sprite
  20. karena keterampilan pemrograman memungkinkan untuk bekerja di berbagai bidang dan memecahkan masalah secara efisien
  21. teknologi yang memanfaatkan komputer untuk menyimpan, mengambil, dan mengirimkan data atau informasi
  22. Harold J. Leavitt dan Thomas L. Whistler
  23. membuka peluang pekerjaan baru yang memerlukan keahlian khusus terkait TIK
  24. kulkas dan kompor listrik
  25. layanan tele-medicine untuk konsultasi kesehatan virtual
  26. Google Docs
  27. Tokopedia
  28. interaksi siswa-guru melalui video conference
  29. mengedukasi tentang bahaya cyberbullying dan pentingnya privasi
  30. mempermudah dan mempercepat proses pembayaran
  31. objek yang dihasilkan dari proses kreatif menggunakan alat dan teknik komputasi
  32. Eric Rosenbaum dan Jay Silver
  33. mengubah objek sehari-hari menjadi perangkat input komputer
  34. kabel USB
  35. sirkuit akan lengkap dan mengirimkan sinyal ke komputer
  36. Scratch
  37. karena Makey Makey dapat mengubah benda sehari-hari menjadi perangkat input
  38. sebuah suara akan dimainkan selama 0.5 beats
  39. dengan mengedit dokumen bersama-sama sambil menggunakan Makey Makey untuk input
  40. air bertindak sebagai konduktor, melengkapi sirkuit saat disentuh dan mengirimkan sinyal ke komputer

Selesai sudah sumatif untuk akhir semester ni. Semoga kalian mendapatkan nilai yang baik dan naik kelas ya? Semoga soal-soal ini membantu kalian. Bertemu di semester baru kelas baru.

Soal Sumatif Tengah Semester 1 Kelas 7 Informatika Kurmer v1
Soal Sumatif Akhir Semester 1 Kelas 7 Informatika Kurmer v1
Soal Sumatif Akhir Semester 2 Kelas 7 Informatika Kurmer v1
0

Posting Komentar