57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Review Anime Kaijuu 8-gou Season 1

Review Anime Kaijuu 8-gou Season 1

Lagi seneng-senengnya gua setelah nonton anime Kaijuu 8-gou season 1. Seru banget. Kalian udah nonton belum? Sayang banget kalau dilewatkan. Biar makin yakin buat nonton, nih review gua untuk anime Kaijuu 8-gou season 1.

DISCLAIMER!

Review berikut adalah opini personal penulis. Pembaca diminta untuk jangan terlalu diambil hati karena ini adalah ditulis sesuai selera penulis. Mengutip lupa dari siapa:

Review atau ulasan adalah karya dalam bentuk tulisan atau lainnya yang berisi informasi, baik fakta maupun opini, dari yang membuatnya. Review merupakan karya subjektif, yaitu berisi informasi, baik fakta atau opini, milik pembuatnya, yang dibuat secara objektif, yaitu tanpa pengaruh pihak luar.

Deskripsi dan Sinopsis Kaijuu 8-gou Season 1

Kaijuu 8-gou adalah anime bercerita tentang seorang pria 30-an yang bekerja sebagai petugas pembersih bangkai monster, yaitu kaiju. Awalnya, dia ingin bergabung menjadi pasukan pembasmi kaiju, namun dia selalu gagal ujian dan tes untuk menjadi pasukan pembasmi kaiju hingga kesempatannya habis oleh umur. Suatu hari, dia berteman dengan seorang petugas kebersihan muda dan mendapatkan informasi bahwa batas umur untuk menjadi pasukan pembasmi kaiju telah dinaikkan. Mendengar itu, dia pun berusaha sekali lagi untuk menjadi pasukan pembasmi kaiju.

Kaijuu 8-gou adalah anime bergenre aksi dan sains fiksi dengan unsur fantasi. Season pertama Kaijuu 8-gou memiliki jumlah episode sebanyak 12 dengan rata-rata durasi setiap episodenya adalah 12 menit. Anime ini diproduksi oleh Production I.G dan diisi oleh Masaya Fukunishi, Kengo Kawanishi, Fairouz Ai, Wataru Katou, Asami Seto, dan lainnya, sebagai pengisi suara karakternya.

Plot dan Alur Cerita Kaijuu 8-gou Season 1

Kafka Hibino dulunya bekerja sebagai pembersih bangkai kaiju setelah dibasmi oleh Pasukan Pertahanan Anti-Kaiju. Meskipun awalnya menyerah untuk bergabung dengan Pasukan Pertahanan karena sering gagal ujian, ia mendapatkan kesempatan lagi setelah usia perekrutan dinaikkan. Saat bekerja, Kafka dan rekan kerjanya, Reno Ichikawa, diserang oleh kaiju kecil dan diselamatkan oleh Divisi Ketiga yang dipimpin oleh sahabat masa kecil Kafka, Kapten Mina Ashiro. Kafka memutuskan untuk mencoba lagi bergabung dengan Pasukan Pertahanan setelah didorong oleh Reno, tapi kemudian diserang oleh kaiju parasit yang mengubahnya menjadi hibrida manusia-kaiju.

Dalam upayanya untuk membuktikan dirinya layak menjadi anggota Pasukan Pertahanan, Kafka dan Reno menghadapi berbagai tantangan berat, termasuk serangan kaiju cerdas yang mencoba membunuh rekrutan lain. Meskipun kekuatannya sebagai manusia terbatas, Kafka menggunakan pengetahuannya tentang kaiju untuk mendukung rekan-rekannya. Dalam sebuah misi besar, Kafka menyelamatkan rekan rekrutan, Kikoru Shinomiya, dari serangan kaiju dan mengungkapkan kekuatan besar yang dimilikinya sebagai hibrida. Hal ini membuatnya dicurigai oleh Soshiro Hoshina, wakil kapten Divisi Ketiga, yang menyadari ada yang aneh dengan kekuatan Kafka.

Kafka terus berjuang bersama Divisi Ketiga, menghadapi serangan kaiju yang semakin canggih dan berbahaya. Saat markas mereka diserang oleh sekelompok kaiju terbang yang dipimpin oleh kaiju humanoid cerdas, Kafka dan timnya berusaha keras untuk melindungi markas. Dalam pertarungan terakhir melawan kaiju humanoid, Kafka mengungkapkan kekuatan kaijunya di depan semua orang untuk menyelamatkan kota, yang mengakibatkan dirinya ditangkap oleh Pasukan Pertahanan. Meski ditahan, Mina dan timnya berjanji akan melakukan segala cara untuk membantu Kafka membuktikan dirinya dan menghindari eksekusi, sementara Kafka bersiap untuk menghadapi ujian terberatnya.

Review dan Ulasan Kaijuu 8-gou Season 1

Suka gua dengan anime ini. Awalnya sih gua tahu Kaijuu 8-gou itu dari komiknya. Gua udah baca volume 1 dan 2. Terus, mendapat kabar kalau bakal ada anime, gua mutusin buat stop manga dan nonton anime aja. Ini pilihan personal masing-masing ya, lebih suka cerita dalam bentuk tulisan atau visual. Kalau gua sih lebih suka visual ya. Makanya prioritaskan animenya.

Kaijuu 8-gou adalah paket mendasar yang lengkap untuk kisah shounen. Kisah fiksi, ada aksi dan baku hantam, punya tujuan untuk menjadi nomor satu atau mengalahkan orang nomor satu atau sekuat seperti orang nomor satu, ada bumbu romansa tipis-tipis dengan drama dan komedinya, memiliki pesan moral rajin, pantang menyerah, dan lainnya. Tipikal kisah shounen. Namun, ada hal mendasar yang gua suka dan membuat kisah Kaijuu 8-gou unik dan beda dari kisah shounen lainnya. Tokoh utamanya adalah pria yang mendekati paruh baya alias om-om berumur 30an.

Bayangin, tokoh utama om-om jomblo dan punya teman masa kecil cewe yang dia suka dan ingin dia kejar. Asli, karena tokoh ini ceritanya menjadi seru dan menyenangkan. Terutama ngeliat tingkah laku Kafka sebagai tokoh utama. Konyol, ekspresi banyol, kadang serius kadang becanda. Kaijuu 8-gou ditopang dipundak Kafka.

Hal lain yang gua suka dari Kaijuu 8-gou adalah tema ceritanya. Dengan latar cerita Bumi dan manusia harus berhadapan monster raksasa yang disebut kaiju, kita bisa menyaksikan pertempuran manusia melawan kaiju yang seru. Gua suka bagaimana Kaijuu 8-gou mengkombinasikan ide dari Godzilla, UltraMan, dan Pasifik Rim. Godzilla dalam sosok monster raksasa kaiju, Ultraman dalam konsep manusia yang lemah dan tidak berdaya menghadapi monster yang kuat, dan Pasifik Rim dalam bentuk senjata, teknologi, dan unsur sains fiksinya. Asli, keren! Karena itu, anime Kaijuu 8-gou Season 1 gua berikan nilai:

8.0
Parasit kaiju yang membuat semuanya menjadi seru

Banyak yang berkata anime ini niru-niru anime lain lah. Terlalu lebay lah. Musiknya sok inggris lah. Dan lainnya. Tapi menurut gua sih, Kaijuu 8-gou adalah salah satu anime seru untuk di tonton. Walaupun dari segi cerita, unsur, gaya visual, dan lainnya biasa aja, tapi anime ini memberikan hal unik lain yang menjadi pembeda, seperti umur karakter utama yang tua, berbeda dengan tokoh utama kisah shounen pada umumnya.

Oh iya, nggak jadi deh. Kalau visual kayaknya Kaijuu 8-gou season pertama ini ada keunggulah deh. Gambarnya menghadirkan detail-detail yang bagus dibanding anime lainnya. Tapi nggak bakal semulus dan sehalus Frieren season pertama sih. Setidaknya punya detail gambar yang ciamik.

Baca juga: Review Anime The New Gate Season 1

Posting Komentar

Posting Komentar