57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Rangkuman Materi Kelas 7 IPS Bab 1 Kurmer R24

Rangkuman Materi Kelas 7 IPS Bab 1 Kurmer R24

Hai, teman-teman. Kalian udah mesuk ke janjang pendidikan baru, yaitu SMP. Berbeda di SD, mata pelajaran yang sebelumnya digabung, yaitu IPAS (IPA dan IPS), di tingkat SMP sudah dipisah. Di sini kalian akan mempelajari ilmu sosial secara umum dan gua akan membagikan rangkuman untuk materi IPS tersebut. Selamat belajar.

Rangkuman Materi Kelas 4 IPS Bab 1: Kehidupan Sosial dan Kondisi Lingkungan Sekitar

PERHATIAN!
Jika ada tulisan atau teks yang terpotong/terputus/setengah dll. Kalian tinggal geser ke kiri atau kanan tulisan tersebut menggunakan jari kalian atau scroll-bar yang muncul.
Rio O.

Keluarga tempat tinggal bersama merupakan agen komunikasi dan interaksi pertama dalam tumbuh kembang manusia. Hal ini dikenal dengan sebutan sosialisasi. Sosialisasi mencakup proses pembelajaran mengenai nilai dan norma yang berlaku pada saat interaksi.

Konsep Dasar Ilmu Sejarah

Keluarga merupakan lingkungan pertama dan terdekat bagi sebagian besar kehidupan kita. Keluarga menjadi tempat untuk tumbuh dan berkembang yang disertai oleh cinta dan kasih. Kita bisa mengenal diri dan keluarga kita dengan cara membuat pohon keluarga.

Pohon keluarga merupakan bagan silsilah atau riwayat hubungan dari sebuah keluarga hingga beberapa generasi. Tujuan dari pohon keluarga adalah untuk memperlihatkan riwayat perkembangan sebuah keluarga dari waktu ke waktu.

Contoh Pohon Keluarga

Rangkuman Materi Kelas 7 IPS Bab 1 Kurmer R24

Sejarah berasal dari kata syajaratun (Arab) atau syajarah (Melayu) yang bermakna pohon. Alasan digunakannya kata sejarah yang bermakna pohon adalah untuk menggambarkan perkembangan sebuah keluarga selayaknya pohon yang tumbuh dan berkembang. Jadi, sejarah adalah gambaran peristiwa di masa lalu yang terus tumbuh dan berkembang seiring berjalannya waktu.

Sejarah memiliki 3 unsur, yaitu manusia (pelaku), waktu atau spasial, dan ruang (tempat) atau temporal.

Contoh Peristiwa Sejarah
Sasa berangkat ke Ranai pada liburan sekolah lalu.
Manusia/Pelaku Waktu/Spasial Ruang/Temporal
Sasa Liburan sekolah Ranai

Secara unsur, hal yang terjadi pada Sasa bisa disebut dengan peristiwa sejarah. Tetapi, tidak semua peristiwa yang memenuhi unsur-unsur tersebut bisa disebut dengan peristiwa sejarah. Ada beberapa syarat lagi agar sebuah peristiwa bisa disebut dengan peristiwa sejarah, yaitu abadi (tidak berubah), unik (terjadi sekali), objektif (memiliki bukti), dan penting (memiliki pengaruh).

Berdasarkan contoh sebelumnya, peristiwa Sasa berangkat ke Ranai pada liburan sekolah lalu tidak bisa disebut sebagai peristiwa sejarah karena tidak memenuhi syarat:

Abadi Unik
Tidak abadi karena Sasa bisa ke Ranai di waktu yang lain. Tidak unik karena Sasa bisa ke Ranai berkali-kali.
Objektif Penting
Objektif karena bisa jadi ada bukti berupa foto, tiket perjalanan, dan lainnya. Penting karena bisa jadi ini adalah salah satu peristiwa berharga bagi Sasa.

Karena tidak bisa disebut peristiwa sejarah, peristiwa yang dialami Sasa bisa kita sebut dengan peristiwa penting kehidupan, baik untuk individu, kelompok, atau seluruh umat manusia.

Latihan Soal Konsep Dasar Ilmu Sejarah

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini sesuai dengan yang telah kalian pelajari pada materi Konsep Dasar Ilmu Sejarah. Semoga berhasil.

Pertanyaan
1. Agen komunikasi dan interaksi pertama manusia adalah ...
2. Apa saja unsur dalam sejarah?
3. Apa yang dipelajari pada saat bersosialisasi?
4. Sejarah berasal dari bahasa ... dan ... yang memiliki makna pohon.
5. Selain memiliki unsur, sejarah juga memiliki syarat yang harus dipenuhi. Apa sajakah syarat tersebut?

Rangkuman Materi Kelas 7 IPS Bab 1 Kurmer R24
Rangkuman Materi Kelas 7 IPS Bab 2 Kurmer R24
Rangkuman Materi Kelas 7 IPS Bab 3 Kurmer R24
Rangkuman Materi Kelas 7 IPS Bab 4 Kurmer R24
Posting Komentar

Posting Komentar